Saturday 17 February 2024

Manipulasi, Cuci Otak, atau Sekedar bodoh ...

Setelah diskusi dengan psikolog, dibicarakan bahwa bagaimana seseorang bisa terkena manipulasi; penyebab utama seseorang termakan manipulasi adalah perasaan, perasaan yang telalu besar, kebencian yang membara, cinta yang terlalu besar, sayang yang bukan main, serakah yang luar biasa... hal hal seperti ini membuat logika hilang, dan seseorang bertindak sesuai perasaan yang bergelora di hatinya.

Mendengar hal diatas, saya menyadari bahwa hal ini jarang sekali dibahas. Bahkan saya sempat melihat dan mengalami sendiri ketika orang dekat saya sangat sangat percaya pada seorang NPD, bahkan saudara sendiri bisa dibuang, hubungan yang sudah ada dari lahir; mengerikan... kata itu yang ada di hati saya.

Manipulasi tidak sekedar tipu muslihat, tapi keahlian dalam komunikasi - mengubah nada bicara, mengubah penekanan dalam berbicara, mengurangi kata, menambahkan kata, membuat ambigu, bahkan hanya mengubah jeda koma ketika berbicara pun dapat menyebabkan informasi yang diterima berubah arti / lawan bicara / target salah informasi. Lebih dalam lagi manipulasi bahkan bisa mempermainkan perasaan seseorang, tidak hanya salah informasi / salah tangkap informasi, namun manipulasi bahkan bisa mempermainkan perasaan seseorang sehingga merasa tertentu, seperti cinta yang membara, kebencian yang luar biasa, sungguh sungguh kompleks.

Jika seseorang sudah dimanipulasi terlalu lama dan terlalu dalam (manipulasi dengan informasi pribadi yang bersifat sangat sangat dalam), hasilnya bahkan bisa seperti orang yang sudah dicuci otak, melupakan hal hal yang sudah diketahui selama hidup, bersikap acuh terhadap pengalaman hidupnya, ilmu yang sudah dipelajari, dan lainnya.

Berbicara mengenai manipulasi membuat saya teringat akan cuci otak, bagaimana teroris mengumpulkan orang orang di pedesaan, dan di "cuci otak" tidak hanya mempermainkan perasaan bahkan logika yang dimasukkan pun adalah logika yang salah.Sehingga manusia bisa menjadi semacam "robot" yang rela untuk bunuh diri, seolah olah hidup ini hanya mainan saja...

Manipulasi, cuci otak atau sekedar bodoh saja... kita harus ingat betapa pentingnya pikiran manusia ini, betapa canggihnya, dan betapa rapuhnya pikiran ketika tidak dalam kondisi baik; hal benar menjadi salah, menjadi bingung antara kenyataan dan imajinasi / khayalan, menjadi seperti robot atau zombie yang tidak berguna. Dalam ajaran Buddha sendiri ada disebutkan :
"Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk,..."

tulisan singkat saya ini, ingin saya akhiri dengan ajakan, mari kita belajar untuk berpikir "benar" karena bahkan baik-pun bisa menjadi salah; kebijaksanaan diperlukan agar bisa berpikir benar, dengan demikian ucapan kita akan menjadi benar, dan tindakan tindakan yang kita lakukan akan benar, akhirnya hidup kita dikelilingi kebenaran. 

0 comments:

Post a Comment